Di era digital yang sudah merambah ke semua lapisan, membuat orang tua harus cerdas dalam menerapkan pola pengasuhan pada anak. Orang tualah yang menjadi madrasah utama bagi putra/putrinya sehingga perlu peran aktif orang tua dalam mengasuh anaknya. Orang tua dituntut cerdas terutama di tengah perkembangan zaman dimana bekal pendidikan di sekolah saja tidak cukup untuk membekali mereka. Perlunya peran penting orang tua dan keluarga dalam hal pengawasan baik di dalam keluarga, lingkungan juga sekolah supaya anak-anak memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk masa depannya.
“Orang tua jangan asal memberikan gagdet kepada anaknya agar anak-anak bisa tenang tapi bagaimana orang tua turut serta mengawasi apa yang anak-anak lakukan terlebih dengan gadgetnya,”. Untuk itulah, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam membangun kepercayaan diri dan sikap berani mencoba tanpa rasa takut akan gagal. Kedua, jadilah teladan dalam tumbuh kembang anak. Para orangtua harus menjadi cerminan yang positif bagi diri anak-anaknya.
Untuk para orang tua, karena tantangannya adalah dunia digital, maka tentunya harus menguasai cara berinternet, kemudian rajin-rajinlah untuk cek riwayat koneksi, “berteman” dengan anak, ikuti perkembangan anak dengan baik, ajak anak bijak berinternet, berdiskusi dengan anak, mengarahkan, dan mengontrol setiap perilakunya. Cara mendidik anak agar tidak kecanduan Gedget :
1. Sering mengajak anak main keluar rumah
2. Mengajari anak untuk bersosialisasi dengan lingkugan.
3. Lebih memperhatikan anak, supaya merasa kasih sayang dari orang tua.
4. Sebagai orang tua harus menjadi panutan anak.
5. Medukung minat hobi anak. 


Persoalan kemampuan literasi digital yang sudah mejadi gaya hidup suatu kebutuhan sebagai orang tua kita wajib mengawasi demi tumbuh kembang anak. Sementara di ega globalisasi saat ini kita sudah dihadapkan dengan kenyataan keharusan untuk mengkonsumsi media digital. (Fatimah/ Cs).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive