RSIAMALSEHAT.COM-SRAGEN. Anak memiliki aktivitas dalam keseharian, rambut merupakan hal yang perlu uintuk diperhatikan untuk para ibu. ketombe merupakan bentuk ringan dari seborrheic dermatitis dan juga dapat di sebabkan oleh infeksi jamur atau kutu rambut. Jadi jika si kecil mulai tidak nyaman berketombe, boleh jadi mereka mengalami infeksi jamur atau kutu rambut. Pertumbuhan jamur yang bernama malassezia dapat memicu mengelupasan sel-sel kulit kepala berlebih, dan yang biasanya tampak sebagai ketombe yang muncul di kepala si kecil.meski tidak semua anak mudah terserang ketombe pada kepala aktivitas anak mempengengaruhi jumlah minyak pada kepala anak. Berikut beberapa solusi untuk rambut berketombe pada anak:


1.) Hindari pemakaian produk orang dewasa pada anak
Karena anak berketombe sering sekali ibu mengira anak membutuhkan shampo anti ketombe, lebih baik anak jangan diberikan shampo orang dewasa karena pigmen kulit kepala anak lebih sensitif.
2.) Jaga kepala anak agar tidak lembab
Kepala dan rambut pada anak karena mereka cenderung berkeringat maklum saja anak sering beraktifitas dan bergerak
3.) Hindarai penggunaan produk perawatan rambut dan tubuh yang wangi
Untuk anak-anak sebaiknya hal ini dihindari, mungkin bagi kenyakan ibu-ibu produk dengan aroma wangi sangat menarik untuk perawatan tubuh dan rambut.
4.) Gunakan Minyak Kelapa
Untuk perawatan sehari-hari kulit kepala anak diolesi minyak kelapa. Setiap malam sebelum tidur lalu pagi harinya rambut divuci menggunakan shampo yang tidak menggunakan pewangi.

Tidak semuanya anak mengalami ketombe pada rambut, sebaiknya sebagai orang tua kesehatan rambut pada anak sangat memperngaruhi kenyaman gerak aktivitas pada anak. Berikut tadi tips dan cara mengatasi rambut berketombe pada anak.(fatimah/cs)

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive