^Kembali Ke Atas

Virus Zika

Download Area

Jam Kunjung Pasien

Menu Utama

Link Youtube

RS Islam Amal Sehat

Ramadhan merupakan salah satu sarana dan momentum istimewa bagi setiap muslim atau mukminah untuk bermuhasabah dan bercermin Bulan rahmadan adalah bulan dimana semua kebaikan akan dilipat gandakan, puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus bertanyalah kepada diri sendiri bagaimana kita memanfaatkan momentum istimewa yang bernama Ramadhan? Karena setiap waktu dalam bulan  Ramadhan, setiap detiknya, setiap menitnya, setiap jamnya, setiap harinya, setiap malamnya, setiap siangnya, setiap petangnya, setiap paginya dan seluruhnya, adalah momentum istimewa yang penuh barokah, penuh rahmah, penuh maghfirah, penuh peluang pembebasan dari api neraka, pengabulan doa, penerimaan tobat, pelipatgandaan amal ibadah dan lain-lain, khususnya pada sepuluh malam dan hari terakhir, dan puncaknya pada malam Lailatul Qadar. Bulan ramadhan kita sebagai hamba allah wajib melakukan puasa sebab wujud syukur kita terhadap allah.

Disini akan sedikit menjelaskan tingkatan dalam berpuasa:

1). Puasa perut, tingkatan paling awal adalah puasa yang dilaksanakan selama sebulan, kita tidak hanya menahan lapar dan haus melaikan kita harus menjaga lisan kita, menjaga hati, menjaga pandagan mata supaya hakikat berpuasa dapat menjadi berkah sebagai amal ibadah kita. “Apabila engkau berpuasa hendaknya telingamu berpuasa dan juga matamu, lidahmu dan mulutmu, tanganmu dan setiap anggota tubuhmu atau setiap panca inderamu” (al Hadits).

2). Puasa hawa nafsu, tingkatan selanjutnya setelah puasa perut, puasa sesauai syariat yang diikuti dengan menahan hawa nafsu. Lebih menekankan untuk menjaga nafsu terhadap segala hal yang dapat membatalkan puasa.

3).Puasa Qalbu, tingkatan tertinggi setelah puasa hawa nafsu, puasa yang diikuti dengan menahan dari segala kecenderungan yang rendah dan pikiran yang bersifat duniawi, serta memalingkann diri dari segala sesuatu selain Allah.Sayidina Ali bin Abi Thalib ra mengatakan “Puasa Qalbu adalah menahan diri dari segala pikiran dan perasaan yang menyebabkan terjatuh pada dosa”.

Mari kita memperbanyak pahala kita, puasa kali ini semoga kita semua lebih berkelas dalam segala hal untuk sholat lima waktu, sholat terawih berjamaah, bersedekah dengan orang yang tidak mampu, memperbanyak membaca al-quran. Sebab pada hakikatnya puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus, tidak merubah pola hidup siang menjadi malam dan malam menjadi siang lebih mendekatkan kepada allah. Kajian kali ini disampaikan oleh Uztad Sri Yoko sebagai muhasabah dibulan ramadhan.(fatimah/cs).

 

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kontak person

Telp: (0271) 891977
Fax: (0271) 890109
SMS CENTER : 085602030405
Website: www.rsiamalsehat.com
Email:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Daftar Via WhatsApp

PSC Sragen

twitter

Facebook Link

SMS GateWay

Kerjasama

Pengunjung WebSite

13307871
Hari ini
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
22137
27474
133355
12971568
655727
730230
13307871
RSI Amal Sehat Sragen Copyright © 2019