RSIAMALSEHAT.COM doa adalah sebuah permohonan dan harapan yang kita pinta kepada sang pecipta. Kita setiap hari beribadah sebagai rasa cinta kepada Allah, kita selalu mencurahkan kegelisahan maupun kegembiraan kepada sang pencipta. Rasulullah Saw mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa dalam setiap aktivitas harian kita, yang dijelaskan dalam firman Allah Saw “dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, maka (jawablah) bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang berdoa” (Q.S.AL-Baqarah (2) : 186 )
Etika dalam berdoa dimana etika ini sangat penting untuk kita agar doa-doa kita dijabah:
Pertama, dengan suara lirih berdoa tidak harus dengan suara yang keras karena allah mahamendegar
Kedua, mengangkat kedua tanggan. Rasullah Saw Bersabda”sesungguhnya Allah Swt Maha mendegar dan maha pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tanganya(berdoa) kemudian kedua tanganya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabulkan).” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Ketiga, mengawali doa dengan pujian terhadap Allah Swt dan shalawat kepada Rasullah. Nabi Muhammad bersabda” Apabilla salah seorang kamu berdoa, maka hendaklah dia memulai dengan mengagungkan Rabbnya’ azza wa jalla dan memuji-Nya, kemudian bersalawat kepada Nabi Saw, lalu berdoa dengan apa yang dia inginkan.’’ (H.R.Abu Dawud dan Tirmidzi)
Banyak cara dengan berdoa dan selalu berzikir kepada Allah, kita merasa tenang sebab di dunia hanyalah sementara kita wajib memikirkan ahkirat. Zikir merupakan pujian untuk allah sebab Allah cinta dengan hamba yang berzikir. (fatimah/cs)

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive