^Kembali Ke Atas

Virus Zika

Download Area

Jam Kunjung Pasien

Menu Utama

Link Youtube

RS Islam Amal Sehat

RSIAMALSEHAT.COM-SRAGEN (Senin, 26 September 2016) pengajian rutin hari Senin RS Islam Amal Sehat Sragen menghadirkan Ust. Muhammad Husni Thamrin, S. Ag. Dalam tausyiahnya tersebut, Beliau menyampaikan materi mengenai “4 Ikhtiar Pembuka Pintu Rezeki”. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut:
 
1. Bertaqwa Kepada Allah SWT
Apa yang dimaksud taqwa? Taqwa adalah menjalankan segala perintah Allah sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Al-Hadits dan menjauhi segala larangan-Nya dengan tulus ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah Azza wa Jalla. Allah memberikan jaminan untuk mencukupkan kebutuhan hamba-hamba yang bertaqwa. Baik sedikit ataupun banyak rezeki yang didapat, hamba-hamba yang shaleh tidak akan kekurangan dalam memenuhi kebutuhan dan urusan hidupnya. Bagi mereka yang dekat dan dicintai Allah, rezeki yang tidak disangka-sangka akan dibukakan dari segala penjuru. Sedangkan bagi orang yang tidak bertaqwa, banyak pula diantara mereka yang dilancarkan rezekinya bahkan dilimpahkan rezekinya. Hanya saja, Allah mengalirkan rezeki tersebut tanpa ridho dan berkah. 
 
2. Berdzikir Kepada Allah SWT
Kita hendaknya memperbanyak berdzikir dan beristighfar kepada Rabb Azza wa Jalla. Dengan beristighfar berarti kita mengakui dan memohon ampun kepada Allah SWT bahwa kita sebagai manusia biasa dalam setiap langkahnya diiringi dosa baik yang dilakukan secara sengaja ataupun tidak. Istighfar disini tidak hanya ucapan secara lisan saja namun pernyataan taubat dari segala dosa dan kemaksiatan yang dilakukan selama ini. Mengucapkan istghfar tanpa disertai bukti nyata ibarat air yang menetes di daun talas. Rasulullah SAW selalu membaca Sayyidul Istighfar tidak kurang dari 70 kali setiap harinya. 
 
Istighfar merupakan solusi dari semua permasalahan hidup. Suatu hari saat ada yang mengadu kepada al-Hasan al-Bashri mengenai masa paceklik yang sangat lama, kemiskinan, dan belum dikaruniai keturunan, Beliau memberikan solusi untuk beristighfar kepada Allah.” Hal ini sesuai dengan Firman Allah dalam surat Nuh. 
 
Allah SWT berfirman, 
 
Artinya: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12)
3. Tawakal 
Hakikatnya, tawakal adalah menyandarkan hati kepada Allah dan menyerahkan segala urusan hanya kepada-Nya. Kita harus yakin bahwa tidak ada yang mendatangkan mudharat dan kebaikan selain Allah SWT. Dalam konteks pemahaman rezeki, hendaknya manusia tidak selalu melihat ke atas sehingga kita selalu merasa kurang. Sebaliknya, kita harus melihat ke bawah dan menyadari bahwa kita sangat beruntung karena begitu banyak nikmat yang Allah berikan. Dengan melihat ke bawah akan menjadikan kita pribadi yang bersyukur karena masih banyak saudara kita yang hidup serba kekurangan. Kita harus yakin bahwa rezeki sudah diatur Allah. Seperti dalam Sabda Rasulullah SAW:
 
“Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal kepada Allah, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang.” (Riwayat Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r.a.)
 
4. Menjalin Silaturahmi
Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim.” (Shahiih Al-Bukhaariy no. 2067). Pada dasarnya, terdapat begitu banyak manfaat positif ketika kita menjalin silaturahmi dengan keluarga, kerabat, teman, maupun sesama Muslim yang belum mengenal. Silaturahmi ini akan menimbulkan kasih sayang, empati, dan mampu membantu sesama Muslim yang sedang membutuhkan. (nevi/cs)
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kontak person

Telp: (0271) 891977
Fax: (0271) 890109
SMS CENTER : 085602030405
Website: www.rsiamalsehat.com
Email:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Daftar Via WhatsApp

PSC Sragen

twitter

Facebook Link

SMS GateWay

Kerjasama

Pengunjung WebSite

13965931
Hari ini
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
7221
25575
160633
13599807
553845
759942
13965931
RSI Amal Sehat Sragen Copyright © 2019