8 Gejala Demam Berdarah (DBD) yang Perlu Diwaspadai

Peningkatan kasus DBD terus terjadi terutama saat musim hujan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), ada 2.930 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan 24 kematian di Indonesia. Data ini diambil hingga per 13 Februari 2023. Masih banyak pasien yang datang ke RS sudah dalam keadaan berat, bahkan dalam keadaan syok atau disebut Dengue Shock Syndrome, suatu keadaan yang paling berat dari DB. Keadaan seperti ini tentu harus diatasi dengan meningkatkan kewaspadaan kita semua, khususnya dalam hal mencegah penularan dan pengobatan dini. 

Gejala klinis infeksi virus Dengue bervariasi luas, dari yang tanpa gejala, demam yang tidak khas, kemudian demam dengue dengan/ tanpa disertai perdarahan, demam berdarah dengue, bahkan sampai keadaan yang paling berat yang dapat menyebabkan kematian yaitu Dengue Shock Syndrome. 

Tanda bahaya yang harus diwaspadai adalah nyeri perut, muntah terus-menerus, perdarahan pada kulit/ hidung/ gusi, sampai muntah darah dan BAB berdarah. Bila masuk kedalam keadaan syok, maka akan ditemukan badan yang terasa dingin, terutama pada ujung jari tangan dan kaki, tampak lemas, tidur terus, sulit dibangunkan atau kesadaran yang menurun. 

Jadi, bila kapan pun menemui tanda bahaya pada anak, segera bawa anak ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan terdekat.

 

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive